Skema Ruangan dan Jalan Keluar Masuk Burung Walet

Skema Ruangan dan Jalan Keluar Masuk Burung Walet
Skema Ruangan dan Jalan Keluar Masuk Burung Walet

Ruangan dapat dibuat bertingkat dasarkan ketinggiannya, minimum 2 m. Akan lebih baik jika dibuat berpetak-petak lagi agar menjadi beberapa ruangan sehingga akan menciptakan suasana seperti dalam gua-gua batu karang alami.

Seringkali burung terbang berputar-putar di depan gua, sebelum masuk ke dalam sarangnya, Oleh karena itu, gedung walet perlu dilengkapi dengan roving room sebagai tempat untuk berputar-putar, dan resting room sebagai tempat untuk beristirahat dan bersarang. Untuk mencegah masuknya cahaya yang terlalu banyak, resting room dibuat berpetak petak. Antara petak yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan.

Lubang untuk keluar masuk burung (LMB) dibuat di bagian atas, diperhitungkan agar burung-burung dapat bebas keluar masuk tanpa terganggu pepohonan di sekitar bangunan gedung Ukuran dan bentuk lubang (LMB) dapat bervariasi. Bila berbentuk bujur sangkar, idealnya berukuran 20 x 20 cm, bila ingin dibuat memanjang maka ukuran yang tepat adalah 20 x 35 cm, dan bila dibuat berbentuk lingkaran, maka buatlah dengan ukuran garis tengahnya 20 cm. Lubang keluar masuk burung (LMB) jumlahnya tergantung pada kebutuhan dan kondisi gedung. Yang jelas, semakin sedikit jumlah lubang tersebut, semakin baik. Untuk satu ruangan cukup satu lubang saja. 

Lubang yang terlalu banyak dapat mempengaruhi suhu, kelembapan, dan cahaya dalam gedung. Yang akan mengakibatkan tidak krasannya walet tinggal dalam gedung tersebut. Letak lubang, sebaiknya jangan menghadap ke timur karena pada pagi hari, saat burung walet akan keluar, matanya silau terkena cahaya matahari pagi. Dinding lubang sebaiknya dicat hitam agar mudah dilihat oleh burung dari jarak jauh dan akan membantu burung walet cepat mengenal rumahnya. Di samping itu, pengecatan dengan warna hitam dapat pula meredam sinar yang masuk dari luar gedung sehingga ruangan menjadi lebih gelap. Walet lebih suka bersarang pada tempat-tempat yang gelap.

0 Response to "Skema Ruangan dan Jalan Keluar Masuk Burung Walet"

Post a Comment